Cara invite satu kelas sekaligus ke dalam Google Classroom menggunakan GSuite

Teknologi semakin maju, metode pembelajaran pun semakin inovatif. Google sebagai raksasa teknologi tidak mau ketinggalan menyediakan layanan atau fitur untuk mendukung teknologi pembelajaran yang disebut Google Classroom.

G Suite merupakan layanan premium Google yang diperuntukkan bagi korporasi, pendidikan dan lembaga non porfit. Fitur G Suite memiliki banyak kelebihan dibanding layanan google gratis seperti Gmail. Salah satu kelebihan fitur G Suite ialah kapasitas Google Drive yang unlimited dan email group yang bisa memudahkan komunikasi dalam satu perusahaan/lembaga.

Kelebihan ini juga bisa dimanfaatkan dalam teknologi pembelajaran via Google Classroom, guru dapat meng-invite para siswanya secara serentak (massal) ke dalam kelas hanya dengan sekali klik. Namun sebelum bisa memanfaatkanya, admin harus terlebih dulu membuat email group suatu kelas tertentu dan memasukkan email seluruh siswa yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam grup tersebut.

Berikut langkah-langkah memasukkan (invite) satu kelas ke dalam Google Classroom:

a. Buatlah kelas terlebih dahulu di Google Classroom menggunakan akun google yang sudah Anda miliki. Contohnya seperti berikut:

b. Pada menu (tab) People, undanglah peserta yang menjadi siswa di kelas tersebut. Contoh seperti beikut:

c. Ketikan dengan lengkap alamat email group kelas yang sebelumnya sudah diisi email-email seluruh siswa di kelas tersebut. Contoh seperti beikut:


Keterangan gambar c:
  1. 1. Ketik alamat lengkap grup. Contoh: kelasx.ipa1@sekolahsaya.sch.id
  2. 2. Muncul hasil pencarian alamat grup, klik pada grup tersebut.
  3. 3. Klik invite untuk mengundang seluruh anggota grup ke dalam Classroom.

Nah, begitulah cara mengundang siswa satu kelas sekaligus menggunakan email group di Google Classroom veris G Suite.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar untuk "Cara invite satu kelas sekaligus ke dalam Google Classroom menggunakan GSuite"